Selasa, 30 April 2013

Jigging Rod

Jigging Rod


Banyak pemancing terutama orang-orang Jepun suka memancing dengan joran memancing yang dinamakan Jigging ini, iaitu memancing dengan menggunakan umpan berbentuk Metal Jig. Umpan ini boleh dilempar kemudian ditarik-tarik, atau bisa juga dihulur masuk ke air sampai dengan kedalaman tertentu kemudian ditarik-tarik dengan irama tertentu (horizontal jigging atau vertical jigging). Joran jigging memerlukan kekuatan yang besar karena beban umpan yang bisa mencapai lebih dari 500gm, semua joran jigging mempunyai fast action tapper. Panjang joran jigging bervariasi mulai dari 5 kaki hingga 7 kaki.


Seperti halnya joran popping, joran jigging mempunyai konstruksi yang sangat kuat tapi ringan, kerana aktiviti jigging yang sangat memeras tenaga. Rating joran jigging biasanya disebutkan dalam satuan PE, misalnya PE5, PE6, PE8, PE10. PE adalah satuan ukuran maksimal beban (breaking strain) pada kenur braided, ertinya bila suatu joran jigging mempunyai rating PE8 bererti kekuatan kenur maksimal untuk joran tersebut adalah PE8.


Joran jigging mempunyai 2 model iaitu overhead dan spinning, beberapa jenama terkenal mengeluarkan 1 jenis joran yang sama dengan model overhead dan spinning. Walaupun joran jigging mempunyai rating sampai dengan 100lbs, joran model overhead tetap menggunakan line guide berupa ring, bukan roller seperti pada joran trolling. Ring guide menggunakan bahan dasar metal alloy atau silicon carbide untuk menahan gesekan kenur braided.

http://seribupilihan.blogspot.com/2013/01/jenis-jenis-joran.html 

3 komentar: